Tanggung Jawab Sosial Perusahaan



Community Development Program
Aktivitas perusahaan terkait dengan tanggung jawab sosial merupakan bagian yang tidak terpisah dari kegiatan operasional PT Bank Sahabat, sesuai dengan visi dan misinya.

Hal ini diwujudkan dalam beberapa kegiatan seperti :

Pembinaan yang dilakukan melalui pertemuan mingguan, yang mencakup antara lain penyuluhan mengenai kesehatan diri dan keluarga, makanan sehat, pengelolaan ekonomi rumah tangga, penyuluhan mengenai wabah penyakit seperti demam berdarah, diare, dan lain-lain.

Kegiatan pelayanan kesehatan gratis untuk nasabah yang telah dilakukan di kota Tegal

Pembinaan melalui buletin yang diterbitkan secara mingguan sebagai bagian dari pendidikan bagi nasabah

Pemberian beasiswa bagi putra atau putri nasabah untuk melanjutkan pendidikan

Pemberian uang duka bagi keluarga nasabah yang meninggal dunia



Bank Sahabat telah menyisihkan 1% dari nilai pinjaman disalurkan untuk penyelenggaran kegiatan-kegiatan di atas.



Program Beasiswa Sahabat Cerdas
Pada tahun 2011 ini Bank Sahabat telah memberikan beasiswa kepada 27 orang putra atau putri nasabah yang berada di tingkat pendidikan Sekolah Lanjutan TIngkat Pertama dan Sekolah Lanjutan TIngkat Atas, dimana sebagian besar bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan.


Perlindungan nasabah
Sebagai bagian dari komitmen Bank Sahabat terhadap perlindungan nasabah dan sejalan dengan ketentuan Bank Indonesia yang harus dipenuhi oleh, perusahaan telah mengembangkan Kebijakan dan mekanisme perlindungan nasabah.

Bentuk perlindungan yang dilakukan mencakup antara lain transparansi terhadap syarat dan ketentuan produk, baik produk dana maupun pinjaman dimana syarat dan ketentuan tersebut dijelaskan secara tertulis dan terdapat pada dokumen nasabah dan dijelaskan kembali pada saat nasabah menandatangani kesepakatan untuk menjadi nasabah Bank Sahabat. Hal ini bertujuan untuk memastikan nasabah mengetahui seluruh ketentuan Bank terhadap produk yang dimilikinya.

Selain itu perusahaan telah pula mengembangkan mekanisme penanganan keluhan nasabah dimana mekanisme ini menjadi bagian yang tidak terpisah dari kegiatan operasional dan setiap point of contact Bank Sahabat, baik petugas di kantor yang khusus menerima pengaduan dari nasabah maupun petugas lainnya baik di kantor maupun di lapangan bertanggung jawab untuk menerima keluhan dan pengaduan dari nasabah, menyelesaikannya dan atau meneruskannya kepada bagian terkait untuk dapat diselesaikan.

Perusahaan juga telah memiliki unit kerja di Kantor Pusat yang bertanggung jawab untuk menerima pengaduan dari masing-masing kantor Bank Sahabat serta memantau penanganan dan penyelesaian pengaduan tersebut.

Sepanjang tahun 2011, perusahaan menerima hanya beberapa keluhan yang terkait dengan penghimpunan dan penyaluran dana. Seluruh keluhan tersebut telah dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan waktu penyelesaian yang dijanjikan kepada nasabah.